Banner

Rabu, 10 Desember 2014

KIPROK MOTOR HONDA CB

Rusaknya Kiprok akan menyebabkan lemahnya pada pengisian aki dan lampu motor redup walau sudah digas atau Motor anda di geber-geber. Kiprok rusak kebanyakan  terjadi tegangan tinggi pada aki  dan bisa mencapai 19 volt atau bahkan lebih. 
Untuk mengetahui kerusakan pada kiprok ialah dengan mengukur menggunakan Multi tester ke aki motor saat mesin motor hidup, kemudian gas motor, seumpama tegangannya terbaca di multitester lebih dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki efeknya aki cepat jebol, cdi, kelistrikan bisa rusak, yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor nyala di RPM tertinggipun kiprok bebek Honda Supra ada 4 kaki (kabel warna putih, kuning, hijau dan merah). 

Tugasnya selain buat pengisian (mengubah arus AC jd DC) juga sebagai penyetabil (jika pengisian berlebih akan dibuang ke massa). Nah, kalau yang rusak fungsi charge maka aki akan tekor. Tapi kalo yang rusak fungsi penyetabil maka justru bisa overcharge. Misal lampu depan atau lampu panel speedometer sering putus. Ciri lainnya saat putaran mesin dinaikkan, lampu tambah terang hingga putus. seharusnya nyala lampu tetap stabil (meski lampu tidak langsung dari aki ).

ulator (bertugas menjaga pengisian tegangan ke aki 13.6 Volt) semua kiprok motor zaman sekarang menggunakan regulator, makanya disebutnya Regulator Rectifier (red:Kiprok), yang didalamnya terdapat 2 fungsi : 1. Sebagai penyearah arus AC menjadi DC (Komponennya Dioda) 2. Menstabilkan Arus & Tegangan (koponennya adalah Dioda Zener) sehingga tidak perlu kuatir soal pengisiannya.
Jadi kiprok disini sangat berguna untuk mengatuk pengisian pada motor anda apa lagi ini di pengaruhi pada tipe cdi yang di gunakan. Tipe cdi di bagi dua ada AC dan DC. Tipe AC dia tidak membutuhkan aki untuk pengisian dan di lihat dari colokan pada cdi yan
g terdapat 1 colokan kalau yang tipe DC harus membutuhkan aki untuk pengapian serta kelistrikannya dan ditambah adanya kiprok yang bagus agar kelistrikan berjalan baik . sehingga jika kiprok lemah maka tipe cdi yang DC tidak terdapat pengapiannya. Seringkali di persepsikan sepul yang terbakar.
Selamat mencoba salam saudara

Visit and follow @Waroengmotor dan freewebstore “WaroengMotorDoeloe”FUNGSI KIPROK DALAM SEPEDA MOTOR
Rusaknya Kiprok akan menyebabkan lemahnya pada pengisian aki dan lampu motor redup walau sudah digas atau Motor anda di geber-geber. Kiprok rusak kebanyakan  terjadi tegangan tinggi pada aki  dan bisa mencapai 19 volt atau bahkan lebih. 
Untuk mengetahui kerusakan pada kiprok ialah dengan mengukur menggunakan Multi tester ke aki motor saat mesin motor hidup, kemudian gas motor, seumpama tegangannya terbaca di multitester lebih dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki efeknya aki cepat jebol, cdi, kelistrikan bisa rusak, yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor nyala di RPM tertinggipun kiprok bebek Honda Supra ada 4 kaki (kabel warna putih, kuning, hijau dan merah). 

Tugasnya selain buat pengisian (mengubah arus AC jd DC) juga sebagai penyetabil (jika pengisian berlebih akan dibuang ke massa). Nah, kalau yang rusak fungsi charge maka aki akan tekor. Tapi kalo yang rusak fungsi penyetabil maka justru bisa overcharge. Misal lampu depan atau lampu panel speedometer sering putus. Ciri lainnya saat putaran mesin dinaikkan, lampu tambah terang hingga putus. seharusnya nyala lampu tetap stabil (meski lampu tidak langsung dari aki ).

ulator (bertugas menjaga pengisian tegangan ke aki 13.6 Volt) semua kiprok motor zaman sekarang menggunakan regulator, makanya disebutnya Regulator Rectifier (red:Kiprok), yang didalamnya terdapat 2 fungsi : 1. Sebagai penyearah arus AC menjadi DC (Komponennya Dioda) 2. Menstabilkan Arus & Tegangan (koponennya adalah Dioda Zener) sehingga tidak perlu kuatir soal pengisiannya.
Jadi kiprok disini sangat berguna untuk mengatuk pengisian pada motor anda apa lagi ini di pengaruhi pada tipe cdi yang di gunakan. Tipe cdi di bagi dua ada AC dan DC. Tipe AC dia tidak membutuhkan aki untuk pengisian dan di lihat dari colokan pada cdi yang terdapat 1 colokan kalau yang tipe DC harus membutuhkan aki untuk pengapian serta kelistrikannya dan ditambah adanya kiprok yang bagus agar kelistrikan berjalan baik . sehingga jika kiprok lemah maka tipe cdi yang DC tidak terdapat pengapiannya. Seringkali di persepsikan sepul yang terbakar.
Selamat mencoba salam saudara
Visit and follow @Waroengmotor dan freewebstore “WaroengMotorDoeloe”

1 komentar:

  1. Mau tanya om jadi gini cb 100 saya selalu tekor akinya
    Aki udah baru kiprok juga baru beli
    Spull ada setrumnya tapi kok masih tekor ya om mohon solusinya
    Posisi cdi pakek shogun kebo

    BalasHapus